Kamis, 13 Juni 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : MAN SERAM MASOHI
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : X/II (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x 30 menit (1 Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
B.     Kompetensi Dasar
-          Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.
-          Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor
-          Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.
C.     Tujuan Pembelajaran
-          Agar peserta didik dapat memahami pernyataan dalam bentuk logika matematika.
-          Agar peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
D.    Materi Pembelajaran
-          Logika matematika
E.     Model Pembelajaran
STAD (Student Teams-Achievement Division)
F.      Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara  heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.      Guru menyajikan pelajaran
3.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
4.      Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak       boleh saling membantu
5.      Memberi evaluasi
6.      Kesimpulan
H.    Sumber Belajar
        Buku Cetak
        LKS
I.       Penilalaian
Indikator pencapaian
Kompetensi
Penilaian Teknik
Penilaian Bentuk Instrumen
Instrumen

1.    Memahami pernyataan tentang ingkaran dan negasi
-
Tulisan
1.       Tentukan nilai kebenaran dari setiap disjungsi berikut ini :
a.    3 x 5 = 15
Atau 15 adalah bilangan ganjil
b.   3 x 5 = 15 atau 15 adalah bilangan genap.
Jawab :
a.    3 x 5 = 15 <--- B
Atau 15 adalah bilangan ganjil <--- B
Disjungsi ini benar.
b.   3 x 5 = 15 bernilai B atau 15 ada pada bilangan bulat bernilai B.
Disjungsi ini bernilai benar.



2.    Menentukan nilai
kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
-
Tulisan
1.      Dik :
p (x) : 2x2 – 7x + 3 = 0
Dan Q (x) : x2 – 2x – 3 = 0
Dengan x adalah peubah pada himpunan bil Real R. Jika P & Q adalah pernyataan yang terbentuk dari P(x) dan Q(x) dengan mengganti : nilai x ϵ R, carilah nilai x sehingga (P V Q) bernilai benar.
Jawab.
Himpunan penye P (x) :
2x2 – 7x + 3 = 0 adalah
P = {1/2 , 3}
Himpunan penye P(x) :
x2 – 2x - 3 = 0 adalah
Q = {-1, 3}
P U Q = {-1, ½, 3}
(P V Q), berarti :
x = -1, x = ½, x = 3

3.Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.
-
Tulisan
Diketahui kalimat terbuka
P(x) : 2x – 1 = 3.
Nyatakan pernyataan berkuantor universal dari p(x) serta nilai kebenarannya, jika himpunan semestanya adalah :
a.       Semua himpunan bilangan real R
b.      Semua himpunan bilangan bulat B
Jawab :
a.     Pernyataan ini bernilai salah, sebab jika diambil pengganti x = 4 misalnya, diperoleh 2.4 -1 = 3. Merupakan pernyataan yang salah.
b.     Pernyataan brkuantor universal untuk setiap x anggota himpunan B, 2x – 1 = 3.
Pernyataan ini bernilai salah.








4 komentar: